Dosen Ilkom dan Matematika Melaksanakan Kegiatan PKM di Perbaungan

Dosen Unimed Ciptakan Media Promosi Berbasis Web untuk UMKM di Desa Melati II

Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai

 

Sebagai salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, tim Dosen Unimed laksanakan pengabdian melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Adapun PKM tersebut adalah menciptakan media promosi online berbasis web yang dapat digunakan secara gratis bagi UMKM. Program ini diketuai oleh Insan Taufik, S.Kom., M.Kom. dengan anggota tim Dosen Kana Saputra S, S.Pd., M.Kom., Dinda Kartika, S.Pd., M.Si., Debi Yandra Niska, S.Kom., M.Kom., dan Fevi Rahmawati Suwanto, S.Pd., M.Pd.

Insan Taufik, S.Kom., M.Kom. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu pegiat usaha di Desa Melati II memasarkan produk mereka secara online agar penjualannya bisa maksimal. Sebelumnya para pelaku unit usaha hanya memasarkan produk secara konvensional dari mulut-kemulut. Tentu, kegiatan ini disambut antusias oleh para warga.

Aplikasi promosi UMKM, yang dinamai E-UMKM, sudah dapat diakses pada laman https://unitusaha.id/ dengan menggunakan perangkat peramban/browser web.

Dalam kunjungan kegiatan ini, tim Dosen Unimed juga memberikan pelatihan bagaimana memasarkan produk usaha dalam aplikasi E-UMKM. Kedepannya, tim Dosen Unimed tetap akan memfasilitasi masyarakat dalam mempromosikan produk mereka melalui E-UMKM. Aplikasi ini diharapkan dapat menampung lebih banyak unit usaha sehingga membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *