Kuliah Umum Online Jurusan Matematika Kaji “Olah Data dengan Statcal”

Jurusan Matematika FMIPA Unimed melaksanakan Kuliah Umum dengan tema “Olah Data dengan STATCAL” pada Sabtu, (06/06). Menghadirkan narasumber Prana Ugiana Gio sebagai Founder dan CEO STATCAL. STATCAL merupakan program aplikasi statistika berbasis website. Kuliah Umum ini diikuti oleh Wakil Dekan I FMIPA Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Sc. Ketua Jurusan Matematika Dr. Pardomuan Sitompul, S.Si.,M.Si. beserta Dosen, Mahasiswa Jurusan Matematika Unimed maupun dari luar Unimed yang berjumlah 420 Peserta.

Wakil Dekan FMIPA Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Sc. menyampaikan pada pembukaan acara, “Kuliah umum ini sangat penting kita ikuti. Karena di Era Revolusi 4.0 salah satu pencirinya adalah pentingnya menguasai data karena orang yang bisa menguasai data maka akan bisa menguasai dunia. Akan tetapi data tersebut harus berarti dan harus bisa menganalisis dan mengolahnya menjadi sesuatu penting. Relevasi itulah yang penting bagi kita”. Lanjut Prof. Herbert, “Semoga Kuliah Umum ini bermanfaat dan menjadi insirasi bagi dosen dan mahasiswa. Dan semoga dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan bisa bermanfaat untuk bangsa ini”.

Prana Ugiana Gio sebagai narasumber memaparkan, “Aplikasi STATCAL berbasis website yang menggunakan bahasa pemograman R untuk menganalisis grafik dan statistik. Aplikasi ini jalankan suatu browser secara otomatis, dikerjakan mulai dari menginput data dan melakukan sebagai analisis statistik yang kita inginkan”.

Pada Kuliah Umum ini juga Prana Ugiana Gio menjelaskan bagaimana cara mendownload serta cara menggunakan aplikasi STATCAL secara terperinci dan juga mengadakan tanya jawab antara narasumber dan peserta. (Humas Unimed).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *